TENTANG PRODUK MAROLIS

APA ITU MAROLIS ?

Secara umum adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup (mikro biologi), seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik dari pada kadar haranya. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah). Dari semua bahan terbut dengan melalui proses tertentu sebagai pupuk organik cair ataupun organik granul.

Marolis adalah sarana teknologi organik untuk meningkatkan hasil panen dibidang pertanian maupun peternakan. Marolis mengandung berbagai macam mikroba yang sangat dibutuhkan dalam perbaikan struktur dan tekstur tanah, selain dari itu sarana teknologi marolis juga digunakan dalam menekan mortalitas ternak juga membantu dalam peningkatan produktifitas peternakan dan perikanan serta berdampak untuk efektifitas pemakaian pakan pabrikan.

Sarana teknologi marolis telah digunakan dibeberapa daerah sejak tahun 2009 dan hasil pengamatan dilapangan menunjukkan adanya peningkatan produktifitas. Kemudian hasil dari panen tersebut dilakukan pengujian laboratorium yaitu di LPPT UGM, (uji populasi mikroba dan uji stabilitas) kmudian dari hasil aplikasi jg telah diuji diantaranya lele dan ayam pedaging, dari hasil pengujian menunjukan bahwa, kandungn protein yang terdapat pada lele marolis tiga kali lebih tinggi dari lele biasa, dan lele serta ayam pedagingnya terbebas dari endapan oxytetrasiklin dan kloramfinikol. Sementara beras yang diujikan di SUCOFINDO menunjukkan katergori beras organik.

Marolis mempunyai dua produk yaitu NOC (Nutrisi Organik Cair) dan POC (Pupuk Organik Cair)  Fungsi POC adalah sebagai sumber zat hara yang diperlukan untuk meningkatkan nutrisi terutama unsur-unsur nitrogen, fosfor, dan kalium. Sedangkan unsur sulfur, kalsium, magnesium, besi, tembaga, seng, dan boron merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit (mikronutrien). Sedangkan Marolis NOC berfungsi sebagai sumber nutrisi organik untuk ternak ataupun ikan.

POC MAROLIS

Pupuk Organik Cair (POC) MAROLIS mengandung berbagai mikroba yang sangat baik untuk memperbaiki struktur tanah dan testur tanah.

MANFAAT POC.MAROLIS

  1. Cocok untuk semua jenis tanaman
  2. Tiga hari setelah aplikasi tanah lebih gembur
  3. Pada saat tanam pindah tidak layu (langsung Tumbuh)
  4. Merangsang anakan padi lebih banyak
  5. Membantu menstabilkan PH Tanah
  6. Memperbaiki kesuburan tanah (Nitrifikasi dan Amonifikasi)
  7. Mengoptimalkan penyerapan unsur hara yang terkandung dalam pupuk
  8. Sangat efektif untuk pembuatan kompos